Sabtu, 15 Maret 2014

PATTERN


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai fungsi dari Pattern, Pattern digunakan untuk menggandakan geometri menurut parameter yang ditentukan. Hasil penggandaan ini akan otomatis ikut berubah apabila geometri asalnya dirubah. Sehingga user tidak mengalami kesulitan dalam merubah desain.
Ada dua macam pattern yaitu :

Circular pattern
Digunakan untuk menggandakan Feature sama seperti aslinya yang akan tersusun melingkar.
Metode ini menempatkan salinan komponen (awal) dalam arah melingkar dengan jumlah dan jarak sudut tertentu.

Rotation Axis.
Menentukan sumbu putar dari pola melingkar.

Flip.
Digunakan untuk membalik arah komponen.

Count.
Menentukan jumlah salinan dalam satu busur atau lingkaran.

Angle.
Menentukan jarak menyudut antar salinan komponen. Harga count dan spacing harus lebih dari Nol.


Rectangular Pattern
Digunakan untuk menggandakan Feature yang sama seperti aslinya yang akan tersusun lurus atau persegi.
Metode ini menempatkan salinan komponen (awal) dalam baris dan kolom dengan memasukkan jarak dan jumlah komponen.

Direction.
Menentukan arah salinan komponen menggunakan garis tepi atau sumbu.


Flip
Digunakan untuk membalik arah komponen

Count
Menentukan jumlah salinan pada kolom dan baris.

Spacing

Berikut gambar hasil dari fitur Pattern ini
Gambar 1.1 Rectangular Pattern

Gambar 1.2 Circular Pattern


 Untuk lebih jelasnya mengenai fitur Pattern ini simak video berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar